21 Februari 2012

Candi Sukuh (anomali arsitektur candi Indonesia)

Hoi..hoi, kembali lagi saya memposting sesuatu.. tentunya hasil travelling saya ini. Lebih tepatnya hasil jalan2 ke daerah karanganyar
Kali ini agak sedikit menyinggung dunia persejarahan indonesia,
Ya .., sesuai judulnya, kali ini yang dibahas adalah objek wisata percandian di Indonesia yaitu Candi Sukuh.

Sedikit sejarah singkat saja ya,
Candi Sukuh adalah candi yang terletak di desa Sukuh, Karanganyar. Candi ini dibangun sekitar tahun 1437 Masehi. Tepatnya di penghujung akhir zaman kerajaan Majapahit. Bentuknya dikatakan cukup unik, bahkan bisa disebut sebagai anomali dalam dunia percandian Indonesia. Itulah alasan mengapa saya tulis mengenai candi ini di blog saya. Berikut fotonya   














(Terbukti kan kalau bentuk candi ini unik, coba bandingkan dengan bentuk candi era majapahit seperti candi Brahu, Candi Bajang Ratu (cover blog saya) dan Candi Jawi di era Singosari).
Dilihat secara sekilas dan seksama, bentuk candi ini mirip candi-candi ataupun piramid-piramid yang ada di meksiko bekas peninggalan suku Maya.
Sebuah hal yang memunculkan banyak pertanyaan. Terlepas dari misteri yang ada dan pertanyaan yang muncul, Candi Sukuh ini menjadi objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Apalagi, letaknya pun berada di puncak bukit dan dikelilingi pemandangan indah khas daerah tawangmangu yang notabene terkenal sebagai "tretes"nya atau "puncak"nya Jawa Tengah. sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.
(mantap2)
sumber:
http://www.gamawisata.com/index.php?option=com_content&view=article&id=71:candi-sukuh&catid=39:tempat-wisata&Itemid=65
http://solo.yogyes.com/id/see-and-do/archaeological-sight/candi-sukuh/
sumber foto:
hasl jepretan sendiri,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar